15 Gejala Kesehatan Mental yang Buruk Ini Jadi Pemicu Niat Bunuh Diri

Kesehatan Mental Pemicu Niat Bunuh Diri – Bunuh diri menjadi cara bagi seseorang dengan tujuan mengakhiri hidupnya.

Orang-orang yang memutuskan melakukan tindakan bunuh diri, biasanya melakukan dengan pilihan cara minum obat-obatan lebih dosisnya, menggantung diri, menjatuhkan diri dari ketinggian, menenggak racun, atau pun menggunakan senjata tajam atau senjata api.

Biasanya tindakan bunuh diri dilakukan diam-diam sehingga orang-orang terdekat sulit untuk mencegahnya.

Kesehatan Mental Pemicu Niat Bunuh Diri

Oleh sebab itu, pentingnya mengenali tanda-tanda dan pemicu seseorang yang akan melakukan bunuh diri. Kemungkinan saja, orang-orang di sekitar Anda ternyata menyimpan niat untuk bunuh diri dan sudah menjadi keharusan Anda mencegah perbuatan itu.

Faktor Pemicu Bunuh Diri Pada Seseorang

Berdasarkan data dari kepolisian RI tahun 2013, terdapat kurang lebih 70 kasus tindak bunuh diri setiap bulannya.

Pemicu dari niatan bunuh diri beragam, diantaranya yakni: bullying dan ditolak dalam lingkungan pergaulan, tidak lulus dalam Ujian Nasional, masalah ekonomi, pernah mengalami tindakan pelecehan seksual, konflik rumah tangga, masalah percintaan, mempunyai orientasi seksual menyimpang sampai dengan motif terorisme.

Beragam masalah hidup yang dihadapi dapat mengganggu kesehatan mental. Selain itu, gangguan pada kesehatan mental juga dapat dikarenakan faktor genetik atau keturunan dari orang tua.

Baca : Waspadai Gangguan Jiwa Kleptomania : Gemar Mencuri dan Mengutil

Berikut ini pemicu seseorang berniat bunuh diri dengan gangguan kesehatan mental antara lain.

1. Bipolar
Seseorang yang mempunyai gangguan mental bipolar mengalami perubahan drastis pada mood-nya. Yang awalnya merasa teramat gembira, mendadak dapat berubah sangat sedih bahkan sampai pada level depresi. Para penderita bipolar mempunyai risiko lebih tinggi melakukan bunuh diri jika dibandingkan orang normal. Pada umumnya satu dari tiga orang penderita bipolar akan melakukan percobaan tindak bunuh diri, minimal 1x seumur hidupnya.

2. Depresi berat
Putus asa merupakan ciri-ciri seseorang mengalami kondisi depresi berat. Penderita depresi berat mengalami keputusasaan, suasana hati buruk, lelah menghadapi hidup, dan kehilangan motivasi atau minat dalam kehidupan. Pada akhirnya akan memicu para penderita depresi berat untuk melakukan bunuh diri.

3. Anoreksia nervosa
Tergila-gila dengan tubuh kurus hingga menyakiti diri sendiri dengan menjauhi makanan, bahkan tetap merasa gemuk meski tinggal tulang berbalut kulit, itulah ciri-ciri pengidap anoreksia nervosa. Diperkirakan 20% pengidap anoreksia nervosa akan mencoba tindakan bunuh diri minimal 1x selama kehidupannya.

Baca : Waspadai Gangguan Jiwa Anoreksia Nervosa : Diet Hingga Kurus Krempeng

4. Gangguan kepribadian
Sering menyiksa diri sendiri, misal dengan menggunakan senjata tajam merupakan tanda seseorang mengalami gangguan kepribadian. Selain itu, emosi tidak stabil dan bermasalah dalam bersosialisasi juga menjadi ciri mengalami gangguan kepribadian. Para penderita gangguan kepribadian biasanya memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Baca : Cara Mengetahui Sifat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Fakta Golongan Darah

5. Skizofrenia
Sering kali berhalusinasi, perilaku mengalami perubahan drastis dan meyakini hal-hal yang tak benar, itu merupakan ciri pengidap skizofrenia. Para penderita skizofrenia juga memiliki kecenderungan menginginkan bunuh diri.

Beberapa Hal Pemicu Niatan Bunuh Diri

Terdapat beberapa tanda yang bisa menjadi faktor pemicu dari niat bunuh diri pada seseorang. Berikut adalah diantaranya yang wajib anda ketahui.

1. Sering kali membicarakan kematian.
2. Mengutarakan tentang keputusasaannya menjalani kehidupan misalnya berkata, “Untuk apakah saya hidup?”
3. Kerap menyakiti diri.
4. Menyimpan jenis obat-obatan yang dapat disalahgunakan.
5. Menjadi pecandu narkoba atau pun pemabuk.
6. Sering kali marah tiba-tiba.
7. Mengurung diri dan sangat jarang bersosialisasi dengan orang-orang sekitarnya.
8. Sering merasa cemas.
9. Kehilangan minat dengan duniawi.
10. Mulai menulis surat wasiat.

Disaat ada orang-orang di sekitar menampakkan tanda kesehatan mental yang buruk pemicu niat bunuh diri tersebut sebaiknya waspada.

Sebisa mungkin berikanlah perhatian lebih kepadanya atau ajaklah dia berkonsultasi pada psikiater atau pun psikolog. Amati juga gerak-geriknya agar tidak membahayakan nyawanya, terlebih bila sedang menyendiri.

15 Gejala Kesehatan Mental yang Buruk Ini Jadi Pemicu Niat Bunuh Diri | sara | 4.5
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.