Mengkonsumsi Rokok Elektrik Bagi Kesehatan, Amankah?

Mengkonsumsi Rokok Elektrik Bagi KesehatanE-cig vape atau rokok elektrik di kalangan pekerja dan remaja kini makin populer.

Banyak yang beranggapan bahwa vaping adalah cara merokok yang kekinian dan lebih aman daripada rokok konvensional, bahkan dianggap pula dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Benarkah demikian?

Rokok elektrik atau e-cigarette merupakan sistem pengiriman zat nikotin menggunakan alat elektronik bertenaga baterai. Rokok elektrik memiliki varian beragam.

Mengkonsumsi Rokok Elektrik Bagi Kesehatan, amankah?

Mengkonsumsi rokok elektrik bagi kesehatan sebenarnya juga buruk. Ini karena rokok elektrik umumnya terdiri dari 4 komponen yang berbeda, diantaranya yaitu cartridge yang penampung cairan, elemen pemanas atau atomizer, baterai, dan corong hirup atau mouthpiece guna menghirup asap hasil dari pemanasan komponen atomizer.

Zat Yang Terkandung Dalam Rokok Elektrik

Sebelum lebih jauh membahas rokok elektrik, mari cermati kandungan apa saja yang ada dalam sebuah rokok elektrik.

1. Nikotin
Rokok elektrik umumnya juga mengandung nikotin kimiawi dan ini bersifat adiktif. Disaat berhenti menggunakannya, tetap saja pemakainya akan mengalami gejala kecanduan, misalnya menjadi emosional atau merasa depresi.

Nikotin akan berdampak buruk pada kesehatan jantung, berbahaya pula bagi janin serta perkembangan otak pada anak-anak. Selain itu, nikotin dapat memengaruhi fokus dan daya ingat seseorang.

2. Gliserol dan Propilen glikol
Kandungan gliserol dan propilen glikol bisa membusuk ketika dipanaskan, dan akan berubah jadi senyawa beracun formaldehida, yakni senyawa kimia yang sering dipakai untuk bahan bangunan serta dapat berdampak terserang kanker.

3. Diacetyl
Zat ini dapat mengundang penyakit bronchiolitis obliterans. Penyakit tersebut akan menyebabkan kerusakan secara permanen pada saluran udara paling kecil dalam paru-paru.

Mengkonsumsi Rokok Elektrik Bagi Kesehatan Menurut Para Ahli

Para ahli kesehatan mengatakan, bahwa mengkonsumsi rokok elektrik lebih aman daripada rokok tembakau.

Pasalnya, asap pada rokok tembakau mengandung zat karbon monoksida serta hidrogen sianida. Sedangkan rokok elektrik asapnya lebih aman bagi orang-orang sekitar. Namun hal tersebut tidak menjamin rokok elektrik 100% aman.

Rokok elektrik pernah dianggap salah satu alternatif yang akan membantu seseorang berhenti merokok tembakau.

Beberapa pecandu rokok memang merasa tertolong berhenti dari merokok tembakau. Namun secara keseluruhan, belum ada bukti penelitian ilmiah untuk memastikan.

Untuk benar-benar berhenti dari rokok tembakau, pecandu tetap dianjurkan berkonsultasi ke dokter.

Remaja bukan perokok tembakau, tetapi telah merokok elektrik, diperkirakan 6 kali lebih berpotensi di kemudian hari untuk mengisap rokok tembakau.

Hal tersebut dikarenakan mereka menginginkan efek nikotin lebih kuat. Bahaya lainnya yang dapat terjadi pada anak-anak perokok elektrik, risiko keracunan dikarenakan cairan pada rokok elektrik tak sengaja tertelan, sebab kemasan dan perasa permen atau buah pada cairan dalam rokok elektrik cukup menarik bagi anak-anak.

Fakta Lainnya Seputar Rokok Elektrik

Ada peraturan tersendiri dari badan pengawas makanan dan obat di Amerika, yakni remaja berusia kurang dari 18 tahun tidak boleh membeli dan mengkonsumsi rokok elektrik.

Selain itu penjual diwajibkan melakukan pemeriksaan kartu identitas si pembeli. Adapula larangan keras memberi sampel gratis rokok elektrik.

Apabila dibandingkan dengan rokok tembakau memang rokok elektrik ini terbilang lebih aman.

Namun meskipun demikian, para ahli bersepakat bahwa rokok elektrik masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memantau dampak dari rokok elektrik terhadap kesehatan.

Melihat buruknya dampak mengkonsumsi rokok elektrik bagi kesehatan, badan pengawas makanan dan obat di Amerika bahkan mewajibkan pula produsen untuk mendaftar dan memperoleh persetujuan penjualan.

Risiko lain terkait rusaknya baterai pada rokok elektrik, yang bisa menyebabkan ledakan dan melukai pengonsumsi rokok elektrik serta orang di sekitar. Rokok elektrik merupakan teknologi cukup baru.

Mengkonsumsi Rokok Elektrik Bagi Kesehatan, Amankah? | sara | 4.5
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.