Manfaat Hormon Serotonin untuk Depresi Wanita

Manfaat Hormon Serotonin untuk depresi – Kadar produksi hormon serotonin yang seimbang di dalam tubuh ternyata memiliki peran penting dalam mencegah rasa depresi serta bermanfaat untuk mengelola mood baik.

Kabar bagusnya, ternyata terdapat cara untuk menjaga keseimbangan produksi hormon serotonin ini. Hormon serotonin merupakan hasil proses konversi zat biokimia kombinasi antara tritopan dan tritopan hidroksilase.

Manfaat Hormon Serotonin untuk depresi

Selain lebih dikenal sebagai salah satu jenis hormon, serotonin diyakini berperan sebagai neurotransmitter atau pengantar sinyal antar jaringan saraf.

Baca : Stres Berat? Waspadai Gangguan Kejiwaan Skizofrenia

Hormon serotonin ini diproduksi oleh usus serta otak manusia.Kadar produksi hormon serotonin kaum wanita diteliti ternyata jumlahnya lebih sedikit bila dibandingkan kaum pria.

Oleh karena itu, hal ini menjadi alasan dan penjelasan bahwa kaum wanita berisiko lebih besar mengalami depresi apabila dibandingkan kaum pria.

Perbedaan tersebut dilatarbelakangi oleh perbedaan reaksi saat berkurangnya kadar produksi serotonin.

Terdapat beberapa bukti yang ditemukan bahwa hormon serotonin juga berinteraksi dengan jenis hormon kewanitaan, sehingga dapat berisiko memperburuk saat datang gejala pramenstruasi.

Baca : Waspadai Gangguan Jiwa Kleptomania : Gemar Mencuri dan Mengutil

Selain mempunyai dampak terhadap mood seseorang dan sebagai neurotransmitter, produksi hormon serotonin akan berdampak pula kepada fungsi kerja organ-organ tubuh lain, diantaranya saluran pencernaan, kepadatan tulang, pembekuan darah dan fungsi seksual.

Benarkah Hormon Serotonin Mampu Mencegah Rasa Depresi?

Banyak peneliti meyakini bahwa serotonin bisa menghindar seseorang dari perasaan depresi, adanya hubungan erat antara kadar produksi serotonin dengan keadaan depresi.

Kadar produksi hormon serotonin yang seimbang sangat memengaruhi mood seseorang dan selanjutnya memiliki peran memicu depresi maupun meredakan depresi.

Baca : Waspadai Gangguan Jiwa Anoreksia Nervosa : Diet Hingga Kurus Krempeng

Obat-obatan anti depresan biasa digunakan untuk merangsang produksi hormom serotonin, sehingga kondisi depresi dapat mereda.

Mengkonsumsi jenis obat-obatan anti depresan dapat mengakibatkan munculnya efek samping. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik bila menggunakan cara yang alami dalam mengelola kadar produksi hormon serotonin agar tetap stabil.

Sebenarnya tidak ada jenis makanan yang mampu mendongkrak secara langsung produksi hormon serotonin, namun hubungan diantara serotonin dengan tritopan memberikan bukti bahwa makanan tertentu ternyata dapat memengaruhi kondisi mood seseorang.

Misalnya, mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat dapat menjadi peningkat kadar serotonin. Hal itu disebabkan jumlah karbohidrat dapat memicu organ pankreas melepaskan insulin lebih banyak.

Baca : 15 Gejala Kesehatan Mental yang Buruk Ini Jadi Pemicu Niat Bunuh Diri

Sedangkan asam amino dengan tritopan mengalami persaingan untuk diserap saluran pencernaan. Disaat insulin kadarnya tinggi, maka hal ini dapat menyebabkan meningkatnya penyerapan zat asam amino, lalu meninggalkan tritopan dalam darah.

Selanjutnya, tritopan membanjiri darah dan berkemungkinan besar akan terserap ke otak. Inilah sebab mengapa makanan kaya karbohidrat kerap kali disebut juga sebagai “comfort foods” atau jenis makanan penenang tubuh.

Makanan Yang Bisa Menghindarkan Seseorang Dari Depresi

Memilih makanan yang sehat dan tinggi kadar tritopan, lalu disertai pula dengan makanan berkarbohidrat inilah cara terbaik memperoleh pilihan menu peningkat hormon serotonin.

Baca : Cara Terbaik Atasi Kecanduan Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Utamakanlah makanan berkarbohidrat sehat seperti oatmeal atau pun roti gandum. Selain jenis makanan yang berkarbohidrat, berikut ini ialah beragam makanan yang kaya dengan tritopan dan diduga mampu meningkatkan produksi hormon serotonin yang bisa mencegah dari perasaan depresi ;

1. Telur
Protein pada kuning telur bisa meningkatkan kadar tritopan. Sehat pula untuk dikonsumsi setiap hari. Tritopan serta tirosin pada kuning telur berperan pula sebagai antioksidan.

2. Tahu
Makanan yang satu ini kaya tritopan dan juga akan sangat tepat bagi orang-orang yang memilih menu makanan vegetarian.

3. Salmon
Jenis ikan ini bisa diolah jadi berbagai menu lezat yang tinggi pula dengan kandungan tritopan.

4. Keju
Jenis makanan ini dapat dipadukan dengan berbagai makanan sekaligus mampu membantu meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan atau biji-bijian
Selain kaya dengan vitamin dan antioksidan, jenis makanan ini mengandung tritopan pula. Selain memperbaiki kondisi mood, dapat juga meringankan gangguan pernapasan dan menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung.

6. Daging kalkun
Daging yang satu ini juga merupakan salah satu sumber tritopan, namun jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Nah, sudah tahu bukan Manfaat Hormon Serotonin untuk depresi. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, berdasarkan penelitian ditemukan bahwa rutin olahraga juga mampu menyeimbangkan kadar serotonin dan mencegah rasa depresi muncul dalam diri.

Manfaat yang dihasilkan diyakini selefektif mengkonsumsi obat anti depresan. Tubuh yang cukup terpapar sinar matahari pagi juga menjadikan kadar serotonin seimbang. Selain itu, pikiran positif juga bermanfaat untuk meningkatkan hormon serotonin.

Manfaat Hormon Serotonin untuk Depresi Wanita | sara | 4.5
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.