Manfaat Buah Semangka Untuk Kolesterol Dan Hipertensi

Walapun kepercayaan yang sudah mengakar kuat di masyarakat bahwasannya buah semangka hanya terdiri dari air dan gula,  sebenarnya semangka merupakan makanan padat gizi, menyediakan jumlah tinggi vitamin, mineral dan antioksidan yang rendah kalori, hal semakin memperkuat asumsi publik tentang manfaat buah semangka untuk kolesterol dan hipertensi

Semangka biasanya identik dengan musim panas dan piknik untuk alasan yang tepat yakni mennghilangkan rasa dahaga. Memang rasanya menyegarkan dan manis untuk memerangi hawa panas tubuh terutama dalam kondisi cuaca yang super hot, semangka juga lazim digunkan sebagai hidangan penutup bagi anak-anak dan orang dewasa, lezat untuk dinikmati

Baca : Mengenal 6 Manfaat Utama Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

buah-semangka-kunig

buah-semangka-kunig

Water melon semangka masih satu famili (jenis) dengan blewah dan melon, semangka adalah anggota dari keluarga Cucurbitaceae botani. Umumnya terdapat 5 jenis buah semangka yang terdapat di pasaran antara lain,

  1. unggulan
  2. tanpa biji
  3. mini
  4. kuning
  5. oranye

Untuk negara tropis sendiri seperti Indonesia, buah semangka yang sangat populer ialah dengan warna daging merah, sementara semangka daging kuning jumlahnya tidak terlalu banyak dipasaran. Salah satu kelebihan semangka merah adalah jumlah kandungan likopen  yang lebih tinggi dibandingkan semangka kuning

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis seringkali berdampak pada penurunan risiko untuk berbagai kondisi kesehatan terkait dengan gaya hidup. Para pakar telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti halnya manfaat buah semangka untuk kolesterol dan hipertensi dapat menurunkan risiko obesitas dengan tingkat kematian tinggi, seperti : penyakit diabetes, penyakit jantung juga bisa meningkatkan kesehatan kulit dan rambut serta meningkatkan energi, menurunkan berat badan (diet)

Pencegahan asma
Risiko untuk pengembangan asma lebih rendah bagi orang yang mengkonsumsi jumlah banyak dari nutrisi tertentu.  Vitamin C merupakan salah satu kandungan nutrisi tersebut yang dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran termasuk semangka salah satunya

Menurunkan Hipertensi Darah Tinggi

Sebuah kajian studi yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menyatakan bahwa suplementasi ekstrak semangka mampu mengurangi tekanan darah pada pergelangan kaki,  ekstrak semangka juga mampu memperbaiki tekanan darah brachialis dan gelombang karotis pada orang dewasa setengah baya berbadan gemuk dengan prehipertensi atau tahap satu hipertensi demikian halnya dengan fungsi arteri

Untuk diet dan melawan serangan jantung

Kanker: Sebagai sumber terbaik dari antioksidan yang kuat akan vitamin C   serta antioksidan, semangka dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mencegah pembentukan radikal bebas yang disinyalir dapat menyebabkan kanker. Asupan likopen berkaitan dengan penurunan risiko pencegahan kanker prostat, menurut beberapa penelitian.

Pencernaan dan regularitas

karena kaya akan kandungan air dan serat maka semangka dapat membantu mencegah sembelit serta meningkatkan regularitas untuk saluran pencernaan yang sehat.

Mencegah hidrasi

Kandungan air semangka mencapai hingga 92% dan penuh elektrolit penting, semangka termasuk makanan ringan dengan manfaat yang istimewa buahnya sangat membantu menjaga stamina tubuh terutama di musim panas untuk mencegah dehidrasi

Mencegah peradangan
Kolin merupakan nutrisi serbaguna yang sangat penting terkandung dalam semangka, bisa membantu , pergerakan otot, belajar dan memori saat tidur. Kolin membantu mempertahankan struktur membran sel, dapat memicu transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak serta mengurangi peradangan kronis

Meredakan nyeri otot
Jus semangka telah terbukti mampu mengurangi rasa nyeri pada otot, meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada para pelaku olah raga (atlet). Para peneliti percaya hal ini berdasarkan  asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.

Merawat kulit
Semangka juga bagus untuk  untuk memproduksi zat berminyak (sebum) untuk melembabkan  jaringan kulit dan rambut termasuk tubuh

Asupan terbaik vitamin C
juga diperlukan untuk membangun serta pemeliharaan  Semangka juga menyumbangkan kontribusi untuk hidrasi secara keseluruhan, yang sangat berguna untuk memiliki kulit dan rambut terlihat sehat. Selanjutnya kita akan melihat bagaimana rincian gizi semangka, cara menggunakannya untuk diet serta manfaat lainnya mengkonsumsi semangka

buah-semangka-merah

buah-semangka-merah

Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Bagi sobat pedia yang seringkali merasakan pegal pada daerah pundak atau tangan dan kaki sering kesemutan maka harus lebih berhati-hati karena itu merupakan salah satu gejala dari penyakit kolesterol. Sementara waktu cobalah untuk memperbanyak konsumsi semangka buah segar sebagai pengobatan alternatif karena kandungan likopen dan antioksidannya dipercaya mampu turunkan kadar kolesterol serta memperbaiki kinerja jantung

Nutrisi semangka

Satu cangkir semangka sama dengan mengandung 0 gram lemak, 2 miligram sodium, 43 kalori,11 gram karbohidrat termasuk 9 gram gula dan 1 gram serat. Satu cangkir semangka bisa memberikan sekitar 17% vitamin A, 21% vitamin C, 2% besi dan 1% kebutuhan kalsium setiap harinya

Baca tips sehat pedia lainnya untuk mengencangkan dan memperbesar ukuran payudara wanita Manfaat Buah Pepaya Untuk Payudara & Tubuh Manusia

Kandungan lainnya dari semangka ialah thiamin, riboflavin, niacin, seng, tembaga, mangan, selenium, kolin, likopen dan betaine. Menurut Badan Promosi Semangka Nasional, semangka mengandung likopen lebih dibandingkan buah atau sayuran lainnya.

Rasakan 92% air semangka yang bisa anda konsumsi untuk kepentingan diet atau menurunkan badan,  Caranya mudah bisa mencoba untuk menggabungkan antara Semangka dan feta salad, jika anda merasa bosan dengan salad bisa menambahkan semangka atau menambah beberapa es batu dalam blender supaya lebih segar

Carilah semangka yang berat dan simetris tanpa bintik-bintik lembut atau memar. Lalu letakkan potong dadu semangka dan beberapa es batu dalam blender untuk disajikan dalam keadaan dingin segar, sangat  sempurna untuk rehidrasi setelah olahraga seharian di bawah terik sinar matahari.

Jika resep diatas masih terasa belum memuaskan anda, bisa mencoba trik lain dengan beberapa situs resep semangka, supaya anda yang ingin diet melangsingkan berat badan tidak merasa jenuh dengan konsumsi jus semangka dan tetap bersemangat. Risiko kesehatan potensial dari mengkonsumsi semangka adalah diet dan  pola makan secara teratur dan keseluruhan Lebih baik untuk makan diet dengan berbagai buahan. Demikian artikel pedia tentang Manfaat Buah Semangka Untuk Kolesterol Dan Hipertensi

Topik Terkait :

Manfaat Buah Semangka Untuk Kolesterol Dan Hipertensi | sara | 4.5
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.