Daftar Menu Buka Puasa Dan Sahur Sederhana Yang Baik Untuk Kesehatan Simple Juga Praktis

Daftar Menu Buka Puasa Dan Sahur Sederhana Yang Baik Untuk Kesehatan Simple Juga Praktis – Saat bulan Ramadhan tiba, momen sahur dan berbuka menjadi momen yang paling ditunggu. Beragam menu disajikan dan disantap bareng dengan keluarga tercinta. Karena menu ini akan disantap oleh orang-orang tercinta, maka sajiannyapun haruslah istimewa.

Tidak usah khawatir karena disini kami akan berbagi beberapa menu dan sajian yang tidak begitu mahal atau mewah, namun tetap istimewa. Penasaran? Berikut beberapa menu dan resep untuk berbuka maupun sahur bersama keluarga.

Daftar Menu Buka Puasa Dan Sahur Sederhana Yang Baik Untuk Kesehatan Simple Juga Praktis

Menu Makanan Untuk Berbuka Puasa Yang Sehat Sederhana     

Menu berbuka puasa 1 – Kolak pisang dan kolang-kaling

Sebelum memakan makanan berat, pastikan untuk memasak takjil terlebih dahulu. Takjil haruslah makanan pembuka yang manis dan segar, salah satunya adalah kolak pisang dan kolang-kaling. Paduan pisang dan kolang-kalingnya tak hanya lezat namun keduanya memiliki khasiat yang bagus untuk pencernaan. Bagaimana cara membuatnya? Simak resep dibawah ini!

Baca : Cara Terbaik Atasi Kecanduan Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Bahan yang digunakan:

  • Kolang-kaling 100 gram yang telah dipotong 2
  • Pisang 3 buah yang telah dipotong
  • Santan kelapa 250cc
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula merah ¼ ons
  • Gula pasir 2sdm
  • Ubi merah 100gr
  • Vanila dan garam secukupnya

Cara membuat

  1. Siapkan kompor dan panci kemudian masukkan santan, gula merah, vanilla, pandan dan garam, lalu didihkan.
  2. Aduk perlahan dan masukkan ubi merah, pisang dan kolang-kaling.
  3. Aduk hingga matang, angkat dan sajikan.

Menu berbuka puasa 2 – Rolade Tahu

Baca : Kumpulan Aneka Resep Kue Kering Untuk Hari Raya Lebaran Unik Terbaru

Selain membuat takjil, menu buka puasa selanjutnya yang istimewa yakni rolade tahu. Menu kaya protein ini sangat tepat menemani sajian santap buka puasa. Bagaimana cara membuatnya? Berikut resepnya!

Bahan-bahan

  • Kulit rolade (telur 3 butir dan garam ¼sdt)
  • 1 buah tahu cina
  • 1 batang daun bawang
  • 1 butir telur
  • Minyak wijen, garam dan merica secukupnya

Cara Membuat

  1. Kulit: Campurkan semua bahan kulit. Panaskan wajan dan dadar adonan kulit hingga habis kemudian sisihkan.
  2. Isi : Tahu cina dihaluskan dan dicampur dengan irisan bawang putih dan daun bawang. Aduk rata.
  3. Ambil aluminium foil dan letakkan kulit diatasnya. Ambil adonan secukupnya lalu ratakan. Gulung Adonan kemudian kukus. Setelah matang, angkat dan sajikan.

 

Menu Buka Puasa Dan Sahur Untuk Orang Diet

Puasa tidak menjadi penghalang seseorang untuk diet. Berikut ini beberapa menu wajib yang harus dikonsumsi selama berpuasa oleh mereka yang tengah menjalani diet.

  1. Konsumsi air putih

Ketika puasa tubuh kehilangan banyak cairan, konsumsilah air yang cukup baik saat berbuka maupun sahur.

  1. Buah-buahan
    Ketika berbuka puasa, pastikan kurma menjadi teman setia Anda. Konsumsilah 3 buah kurma saat berbuka untuk mengembalikan energi. Sementara saat sahur Anda bisa tetap mengonsumsi kurma sebanyak 7 buah ditambah dengan buah lainnya.
  2. Salad sayur/buah atau jus tanpa gula

Menu ini menjadi menu efektif memasok zat besi dalam tubuh sehingga Anda bisa lebih bugar meskipun tengah menjalankan diet saat puasa. Tak hanya itu, menu ini juga sangat baik untuk pencernaan.

  1. Karbohidrat komplek

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat komplek untuk buka dan sahur. Selain itu hindari mengonsumsi gula buatan, karena ini mengakibatkan Anda cepat lapar.

  1. Hindari Gorengan
    Pilihlah menu makanan yang tidak digoreng. Makanan yang digoreng tidak hanya memiliki lemak yang banyak namun kurang baik untuk kesehatan.

 

Menu Buka Puasa Untuk Ibu Hamil

Ketika bulan Ramadhan datang, ibu hamil boleh saja melakukan puasa. Namun, sebelumnya pastikan jika menu asupan makanan ketika sahur dan berbuka puasa cukup. Apalagi ketika sedang hamil, tingkat rasa lapar semakin menjadi. Hal ini karena asupan makanan tidak hanya untuk diri sendiri melainkan dibagi dengan sang janin.

Baca : Model Baju Muslim Untuk Hari Raya Lebaran Terbaru

Asupan makanan haruslah yang mengandung makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga memenuhi kebutuhan gizi bunda dan janinnya. Nah, dibawah ini kami berikan menu untuk ibu hamil yang bisa menjadi contoh menu untuk berbuka hingga makan malam.

  1. Menu berbuka puasa

Jus buah atau teh manis 1 gelas

Snack 1 potong (bihun kukus, kroket, dll)

  1. Menu setelah shalat magrib

Nasi

Daging/ikan 1 potong, misal ikan tenggiri

Tempe dua potong

Sayur 1 mangkuk

dan jangan lupa lengkapi dengan buah

  1. Menu makan malam

Nasi

Daging /telur 1 potong

Sayur 1 mangkuk

Kacang-kacangan
Susu 1 gelas

Membuat daftar menu buka puasa dan sahur sederhana yang baik untuk kesehatan simple juga praktis bukanlah perkara yang sulit. Selalu sajikan makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna saat sahur dan buka puasa agar puasa Anda di bulan Ramadhan lancar dan tetap bugar.

Topik Terkait :

Daftar Menu Buka Puasa Dan Sahur Sederhana Yang Baik Untuk Kesehatan Simple Juga Praktis | sara | 4.5
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.