Cara Mengobati Sakit Kandung Kemih

Dewasa ini banyak sekali jenis penyakit yang mengintai apabila anda tidak memperhatikan kesehatan. Penyakit-penyakit tersebut terbentuk baik karena faktor internal ataupun eksternal. Salah satu jenis penyakit tersebut ialah penyakit kandung kemih. Bagi anda yang saat ini menderita penyakit ini, tidak perlu khawatir karena setiap prnyakit tentu ada obatnya. Cara mengobati sakit kandung kemih ini juga bisa dilakukan secara medis maupun nonmedis.

Hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan pengobatan, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter ahli. Berikut beberapa poin yang perlu anda ketahui lebih dalam seputar penyakit kandung kemih.

cara mengobati sakit kandung kemih

Gejala Infeksi Kandung Kemih

Setiap penyakit tentu mempunyai suatu gejala tertentu. Apabila anda merasakan gejala-gejala dibawah ini, berarti anda terkena penyakit infeksi kandung kemih. Infeksi saluran kemih berdasarkan dampaknya terbagi menjadi dua golongan yakni atas dan bawah. Infeksi saluran kemih bagian bawah terjadi pada uretra dan kandung kemih, gejalanya meliputi:

  1. Merasa selalu ingin buang air kecil
  2. Mengalami rasa nyeri ataupun perih saat buang air kecil
  3. Terdapat rasa tak nyaman dibagian perut bawah
  4. Terdapat rasa tekanan pada panggul
  5. Mengalami nyeri punggung
  6. Urin berbau menyengat
  7. Urin memiliki warna keruh dan terkadang campur dengan darah

Sedangkan untuk infeksi saluran kemih bagian atas, gejalanya ialah:

  1. Diare
  2. Mengalami mual dan muntah
  3. Demam dan tubuh serasa menggigil
  4. Merasa nyeri pada area selangkangan, pinggang hingga punggung

Penyebab Penyakit Kandung Kemih

Untuk mengetahui lebih lanjut perihal cara mengobati sakit kandung kemih, terlebih dulu anda harus mengetahui apa penyebab penyakit tersebut bisa terjadi. Pasalnya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau yang disingkat E.coli. Biasanya jenis bakteri ini hidup dan bermukim pada usus besar hingga sekitar area anus. Hal ini telah dipastikan, melalui 9 dari 10 kasus infeksi saluran kemih yang ada.

Bakteri ini memasuki saluran uretra saat proses pembersihan yang kurang baik, sewaktu selesai melakukan buang air besar dan kecil. Untuk hal ini, yang lebih rentan terkena bakteri ialah wanita karena biasanya menggunakan tisu toilet yang mana digunakan untuk membersihkan dari bagian anus ke organ kelamin sehingga bakteripun dapat dipastikan memasuki saluran kemih.

Selain itu, pada wanita jarak antara uretra dengan anus memang lebih dekat dibandingkan dengan jarak yang terdapat pada tubuh pria. Selain bakteri, infeksi saluran kemih juga dapat di akibatkan karena iritasi yang terjadi setelah melakukan hubungan intim serta karena adanya gangguan kinerja pengosongan urin pada situasi tertentu.

Dengan adanya hal tersebut, maka anda harus lebih berhati-hati pada kesehatan anda. Memang disarankan untuk membersihkan organ kelamin ketika usai melakukan buang air kecil ataupun besar. Arahnyapun dari depan ke belakang, bukannya dari anus ke organ kelamin.

Obat Infeksi Kandung Kemih

Untuk obat penyakit kandung kemih ini dapat diberikan oleh dokter yang menangani anda. Jika anda merasakan gejala-gejala diatas, maka segeralah periksa. Biasanya, proses penyembuhan penyakit ini akan melibatkan obat-obat seperti antibiotik yang diberikan oleh dokter.

Selain obat antibiotik, juga terdapat obat seperti parasetamol yang mampu meredakan rasa nyeri. Penyakit ini tidak bisa anda remehkan begitu saja, karena jika tidak ditangani akan terdapat beberapa masalah yang serius.

Ada baiknya anda memperhatikan cara mengobati sakit kandung kemih tersebut agar semakin terasah pengetahuan anda terkait dengan kesehatan. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan buruk agar terhindar dari penyakit tersebut. Selain menghindari kebiasaan buruk jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga pola hidup sehat.

Topik Terkait :

Cara Mengobati Sakit Kandung Kemih | sara | 4.5
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.